Wicangsyu, Minuman Penghangat Tubuh yang Banyak Diburu Warga Blora

Wicangsyu, Minuman Penghangat Tubuh yang Banyak Diburu Warga Blora

KABARCEPU.ID – Wicangsyu, satu nama minuman tradisional yang menggelitik dan membuat penasaran, minuman penggugah selera ini hanya bisa ditemui di Desa Doplang Kecamatan Jati Kabupaten Blora.

Wicangsyu tidak hanya populer karena cita rasanya yang nikmat, tetapi juga karena khasiat kesehatannya yang mampu menghangatkan badan, menghilangkan linu, dan membuat tubuh terasa lebih enteng.

Kepopuleran Wicangsyu sampai terdengar di luar wilayah, jika melewati Doplang serasa belum lengkap jika belum mampir untuk merasakan nikmatnya minuman tradisonal penghangat tubuh ini.

“Seperti itulah yang sering dikatakan pembeli sesaat setelah menikmati Wicangsyu. Katanya badan lebih hangat dan terasa enteng,” ujar pemilik kedai, Kiswanto, ketika ditemui kabarcepu.id, belum lama ini.

“Setelah minum Wicangsyu, jadi bersemangat,” imbuhnya.

Selama dua tahun terakhir, Kiswanto dan istrinya, Rini, mengelola kedai Wicangsyu di Alun-alun Garuda, Desa Doplang, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora.

“Syukurlah, setiap hari pengunjung selalu ramai, tidak hanya Wicangsyu yang dipesan, tetapi juga minuman lain seperti secang hangat dan jahe,” tutur Kiswanto.

Wicangsyu terbuat dari campuran bahan-bahan alami seperti jahe, serei dan secang. Ditambah dengan susu kental manis dan gula pasir.

Bahan-bahan ini masing-masing memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Jahe dikenal sebagai anti-inflamasi alami yang mampu meredakan peradangan, memperlancar sirkulasi darah, meredakan nyeri sendi dan otot, serta membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

KONTEN MENARIK UNTUK ANDA

KONTEN PILIHAN UNTUK ANDA