KABARCEPU.ID – Karnaval HUT ke-79 RI di Kota Cepu Blora, berlangsung meriah dengan melibatkan anak-anak dari tingkat TK, SD dan SMP sederajat.
Di antara rangkaian acara, Karnaval HUT ke-79 RI di Kota Cepu Blora menjadi salah satu highlight yang paling menarik bagi peserta maupun masyarakat selaku penonton.
Kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk memperingati kemerdekaan tetapi juga menjadi ajang kreativitas dan ekspresi budaya bagi siswa-siswi dari tingkat TK, SD hingga SMP.
Karnaval HUT ke-79 RI di Kota Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah membawa pesan moral yang dalam, yaitu pentingnya semangat kebersamaan, cinta tanah air, dan kekompakan dalam membangun bangsa.
Melalui karnaval ini, para peserta tidak hanya berkompetisi untuk meraih gelar juara, tetapi juga belajar menghargai keberagaman, seni, dan budaya yang ada di Indonesia.
Dengan semangat yang berkobar, para peserta menunjukkan totalitas mereka dalam persiapan, baik dalam hal kostum, penampilan, maupun kreativitas.
Karnaval Cepu Blora tingkat TK, SD dan SMP dalam rangka turut memeriahkan HUT ke-79 RI dimulai sejak pagi pukul 09.00 WIB pada Kamis 22 Agustus 2024 dan berakhir sekitar pukul 20.00 WIB.
Ribuan masyarakat berkumpul memadati sepanjang rute perjalanan karnaval di Kota Cepu untuk menyaksikan parade yang penuh warna.
Sekolah-sekolah yang berpartisipasi menampilkan berbagai tema menarik yang menggambarkan budaya dan sejarah Indonesia.
Tercatat, sebanyak 47 peserta karnaval tingkat TK dengan 98 mobil/kendaraan hias, 16 peserta karnaval tingkat SD, dan 6 peserta karnaval tingkat SMP.
Para siswa sangat antusias memperagakan kostum-kostum yang telah mereka rancang sendiri dengan semangat dan kreativitas yang tinggi.
Selain penampilan dari masing-masing kelompok, juga ada napak tilas perjalanan sejarah Indonesia yang disajikan dalam bentuk teater mini, tarian tradisional, dan musik daerah.
Karnaval dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan jenjang pendidikan: Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama.
Penjurian dilakukan oleh tim yang berpengalaman di bidang seni dan pendidikan. Kriteria yang dinilai meliputi kreativitas kostum, kesesuaian tema, kerjasama tim, serta penyampaian pesan yang terkandung dalam penampilan.
Hal ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk bukan hanya berkompetisi, tetapi juga belajar dari prosesnya.
Setelah lomba yang berlangsung dengan sangat meriah dan menghibur, berikut adalah daftar juara dari Karnaval HUT ke-79 RI di Kota Cepu, Blora:
Hasil Lomba Karnaval TK:
– Juara 1: TK Kemala Bhayangkari (No Dada 369 – Total Nilai: 1709).
– Juara 2: TK Handayani Kentong (No Dada 358 – Total Nilai: 1708).
– Juara 3: TK AL Fajr Cepu (No Dada 325 – Total Nilai: 1707).
– Juara Harapan 1: TK Aisyiah 2 Cepu (No Dada 388 – Total Nilai: 1704).
– Juara Harapan 2: TK Aisyiah 2 Cepu (No Dada 387 – Total Nilai: 1702).
– Juara Harapan 3: TK Handayani Kentong (No Dada 359 – Total Nilai: 1695).
Hasil Lomba Karnaval SD/MI:
– Juara 1: SD Negeri 3 Balun (No Dada 402 – Total Nilai: 2369).
– Juara 2: SD Negeri 3 Cepu (No Dada 421 – Total Nilai: 2357).
– Juara 3: SD Negeri 1 Tambakromo (No Dada 408 – Total Nilai: 2287).
– Juara Harapan 1: MI Assalam Cepu (No Dada 411 – Total Nilai: 2285).
– Juara Harapan 2: SD Negeri 1 Cepu (No Dada 414 – Total Nilai: 2272).
– Juara Harapan 3: SD Negeri 1 Ngroto (No Dada 404 – Total Nilai: 2265).
Hasil Lomba Karnaval SMP:
– Juara 1: SMP Negeri 3 Cepu (No Dada 442 – Total Nilai: 2391).
– Juara 2: SMP Negeri 5 Cepu (No Dada 445 – Total Nilai: 2381).
– Juara 3: SMP Negeri 1 Cepu (No Dada 451 – Total Nilai: 2375).
– Juara Harapan 1: SMP Negeri 4 Cepu (No Dada 437 – Total Nilai: 2318).
– Juara Harapan 2: SMP Negeri 2 Cepu (No Dada 448 – Total Nilai: 2305).
– Juara Harapan 3: SMP IT Mutiara Insan (No Dada 439 – Total Nilai: 2119).
Dengan suksesnya karnaval ini, diharapkan masyarakat, terutama anak-anak, dapat terus menjaga semangat cinta tanah air dan mengembangkan potensi kreativitas mereka.
Perayaan seperti ini diharapkan tidak hanya menjadi acara seremonial melainkan juga menjadi momen refleksi untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa, serta menanamkan nilai-nilai kemandirian dalam diri generasi penerus.***