Sosial  

Peran Ibu dalam Keluarga dan Masyarakat

Peran Ibu dalam Keluarga dan Masyarakat
pexels

KABARCEPU.ID – Menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah. Seorang ibu harus memiliki kesabaran, ketekunan, pengetahuan, mental yang kuat, dan menghadapi berbagai permasalahan. Itu menjadi bagian dari peran Ibu.

Namun, menjadi ibu juga merupakan salah satu pekerjaan bergaji tertinggi karena bayarannya adalah cinta murni.

Ibu memiliki peran yang sangat penting dalam keluarga dan masyarakat.

Berikut adalah beberapa peran ibu dalam keluarga:

1. Manajer

Ibu berperan sebagai manajer yang mengatur semua urusan rumah tangga, mulai dari yang sepele hingga yang rumit.

Ibu juga harus menyatukan semua anggota keluarga dan menuntun mereka agar sejalan satu tujuan.

2. Guru

Ibu berperan sebagai guru yang mendidik anak-anaknya mengenai pendidikan iman, moral, fisik dan jasmani, intelektual, psikologis, dan sosial. Ibu harus menjadi teladan bagi anak-anaknya.

3. Koki

Ibu berperan sebagai koki yang menyajikan makanan yang enak, lezat, dan bergizi untuk keluarga. Ibu juga harus kreatif dalam menyajikan makanan.

4. Perawat

Ibu berperan sebagai perawat yang merawat anak-anaknya sejak bayi. Ibu harus memberikan perlindungan, perhatian, dan kasih sayang yang tulus pada anaknya.

5. Akuntan

Ibu berperan sebagai akuntan yang mengelola anggaran keluarga agar semua kebutuhan terpenuhi. Ibu juga harus bekerja membanting tulang untuk mencari nafkah bagi keluarganya.

Ibu adalah sosok yang sangat berjasa bagi keluarga dan masyarakat. Ibu rela mengorbankan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk keluarga dan masyarakat. Oleh karena itu, kita harus menghargai dan menghormati Ibu.

KONTEN MENARIK UNTUK ANDA

KONTEN PILIHAN UNTUK ANDA