Pendataan Non-ASN Telah Selesai! Bagaimana Nasib Honorer di 2024?

Pendataan Non-ASN Telah Selesai! Bagaimana Nasib Honorer di 2024?

KABARCEPU.ID – Pendataan Non-ASN yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah resmi ditutup pada bulan Oktober 2022.

Proses pendataan Non-ASN ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK yang mewajibkan status kepegawaian di lingkungan Instansi Pemerintah terdiri dari 2 (dua) jenis kepegawaian yaitu PNS dan PPPK sampai dengan tanggal 28 November 2023.

Tujuan utama pendataan Non-ASN ini adalah untuk memetakan kondisi pegawai non-ASN di seluruh Indonesia.

Hasil pendataan Non-ASN ini nantinya akan membantu pemerintah dalam menyusun strategi kebijakan terkait dengan tenaga honorer.

Tahap Finalisasi dan Pengumuman Hasil

Pada tahap finalisasi yang berlangsung pada 31 Oktober 2022, masing-masing instansi melakukan pengecekan terakhir dan finalisasi akhir pendataan tenaga Non-ASN.

Setelah itu, instansi menerbitkan Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) sebagai hasil akhir pendataan dan mengumumkan hasil akhir data Tenaga Non-ASN pada kanal informasinya masing-masing.

Selanjutnya, hasil pendataan Non-ASN telah disampaikan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di setiap instansi pemerintah.

Selain itu, tenaga honorer dapat mengecek hasil pendataan Non-ASN di Biro SDM/BKD/BKPSDM/BKPP instansi tempat mereka bekerja.

Larangan Pengangkatan Tenaga Non-ASN

Perlu diketahui bahwa Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan pejabat lainnya dilarang melakukan pengangkatan tenaga Non-ASN sebagaimana amanat pasal 65 UU No. 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara.

KONTEN MENARIK UNTUK ANDA

KONTEN PILIHAN UNTUK ANDA