SMAN 1 Cepu Putar Film G30S/PKI

30 9 Nobar2BpKI

Cepu –  Tepat di tanggal (30/9/2017), SMA Negeri 1 Cepu Kabupaten Blora mengajak siswanya nonton bareng (nobar) pemutaran film sejah pemberontakan Gerakan 30 September (G30S)/ PKI (Partai Komunis Indonesia). Hal itu sebagai upaya sekolah mengenalkan sejarah pemberontakan  yang terjadi pada masa lalu kepada para siswa.

Diana Johan Nusanto, Kepala SMAN  1 Cepu, menuturkan, saat ini banyak anak-anak SMA yang belum mengetahui tentang film yang menceritakan tentang pemberontakan PKI pada masa itu.  “Ini bagian dari usaha kita untuk menanamkan pengertian kepada anak-anak, bahwa di Negeri kita pernah ada pemberontakan PKI,” terangya, Sabtu (30/9/2017).

Mengingat, saat ini pendidikan yang mengupas tentang pemberontakan sudah tidak ada lagi. Sekarang ini, kata dia, PKN atau Pendidikan Kewarga Negaraan perlahan mulai kabur.

“Kalau tidak begitu, banyak yang tidak tahu. Karena pada umumnya anak-anak SMA belum tahu bagaimana PKI itu,” kata dia.

Mungkin saja, lanjut dia, ada sebagian anak yang tertarik untuk mencari tahu sendiri dengan mengunduh film dari internet atau referensi lain. “Sejak santer beredar informasi kebangkitan PKI yang mengancam Negara ini,” ujar mantan pengajar SMA Negeri 2 Cepu ini. 

Terkait adanya adegan kekerasan pada film berdurasi lebih dari tiga jam itu, pihaknya berkeyakinan tidak akan berpengaruh pada anak-anak. “Saya yakin tidak, karena kami sertakan guru untuk mendampingi para siswa saat menonton,” katanya sembari berharap pemberontakan semacam itu tidak akan terulang kembali.

Usai menonton film tersebut, pihak sekolah memberikan tugas kepada siswa untuk meriview kembali film itu dengan membuat resensi. “Kami berikan waktu satu minggu. Dan kami juga melibatkan para wali kelas dan guru bersangkutan untuk mengkondisikannya,” terangnya.

Untuk diketahui, ratusan siswa SMA N 1 Cepu tampak antusias ikut nobar yang diputar di sekolah tersebut. Para siswa tampak serius memperhatikan film yang diproduksi pada masa orde baru tersebut. (*)

KONTEN MENARIK UNTUK ANDA

KONTEN PILIHAN UNTUK ANDA