Ajarkan Pendidikan Politik Sejak Dini

30 9 KA2BSMAN2B12BCepu

Cepu – Pendidikan politik telah diberikan sejak dini kepada siswa di SMA Negeri 1 Cepu, dengan membentuk miniatur pemerintahan di lingkungan sekolah.

Kepala SMA Negeri 1 Cepu, Diana Johan Nusanto, menjelaskan, pendidikan itu dikemas dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang bertindak sebagai eksekutif. Serta Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) yang angotanya perwakilan dari masing-masing kelas, bertindak sebagai legislatif.

Menurut dia, segala sesuatu kegiatan yang akan dilakukan oleh OSIS harus melaui pertimbangan dari MPK. Layakya eksekutif koordinasi dengan legislatif atas segala program kerjanya. “Segala aspirasi siswa ini, juga bisa disampaikan melalui MPK ini,” kata dia.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, dalam supaya bisa menjabat di OSIS maupun MPK, para calon juga diminta memaparkan program kerjanya melalui kampanye. “Setiap siswa calon anggota MPK maupun OSIS diarahakan untuk berkampanye kepada siswa lainnya yng tersebar di kelas-kelas,” terangnya.

Dalam pemilihannya pun, kata dia, dilakukan dengan cara voting. “Dalam hal ini dilakukan voting secara online dengan peralatan yang telah kami siapkan,” ujarnya.

“Ini semua bagian dari pendidikan politik dan pemerintahan yang kami berikan kepada siswa sejak dini,” pungkasnya. (*)

KONTEN MENARIK UNTUK ANDA

KONTEN PILIHAN UNTUK ANDA