Ragam  

Sejarah Singkat Hari Ibu yang Diperingati Setiap 22 Desember

Sejarah Singkat Hari Ibu yang Diperingati Setiap 22 Desember
kemendikbud

KABARCEPU.IDHari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember di Indonesia. Hari ini merupakan hari yang spesial untuk para Ibu, yang telah berjasa dalam membesarkan dan mendidik anak-anaknya.

Makna Hari Ibu adalah mengenang semangat dan perjuangan para perempuan dalam upaya perbaikan kualitas bangsa Indonesia.

Pada awalnya peringatan Hari Ibu adalah untuk mengenang semangat dan perjuangan para perempuan dalam menjaga kualitas bangsa.

Bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi perempuan Indonesia, Hari Ibu selalu menjadi momen khusus.

Lalu bagaimana sejarahnya Hari Ibu hingga di tetapkan di setiap tanggal 22 bulan Desember ini, yuk kita simak penjelasnya!

Peringatan Hari Ibu bermula pada tanggal 22 hingga 25 Desember 1928 saat para pejuang wanita Indonesia dari Jawa dan Sumatera berkumpul untuk mengadakan Konggres Perempuan Indonesia I yang pertama di Yogyakarta.

Gedung Mandalabhakti Wanitatama di Jalan Laksda Adisucipto, Yogyakarta menjadi saksi sejarah berkumpulnya 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera.

Momentum tersebut kemudian menjadi cikal bakal terbentuknya Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Pada Kongres Perempuan Indonesia I memiliki beberapa agenda utama, di antaranya meliputi, persatuan perempuan Nusantara, Peranan perempuan dalam perjuangan kemerdekaan.

Kemudian, Peranan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan bangsa, Perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita, Pernikahan usia dini bagi perempuan, dan lain sebagainya.

KONTEN MENARIK UNTUK ANDA

KONTEN PILIHAN UNTUK ANDA