PHE Catat Peningkatan Produksi Minyak dan Gas Bumi Domestik

IMG 20230927 WA0079

KABARCEPU.ID – Pada beberapa tahun terakhir, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina mencatat peningkatan signifikan dalam produksi minyak dan gas bumi domestik.

Dalam periode tiga tahun terakhir, mulai dari tahun 2020 hingga 2023, pertumbuhan produksi migas domestik meningkat sebesar 1,45%.

Peningkatan ini hasil dari strategi yang mencakup optimasi produksi di wilayah kerja eksisting, baik melalui operasi sendiri maupun kemitraan dengan mitra, serta kegiatan akuisisi.

Hingga Agustus 2023, PHE berhasil mencapai total produksi YTD (year to date) sebesar 1,04 MMBOEPD (juta barel minyak ekuivalen per hari).

Terdiri dari 570 MBOPD (ribu barel minyak per hari) dan 2.760 MMSCFD (juta kaki kubik gas per hari).

Ini dicapai melalui pengeboran 502 sumur pengembangan, 511 work over (kerja ulang pindah lapisan), dan 21.764 well service well intervention (reparasi dan intervensi sumur).

Direktur Pengembangan dan Produksi PHE, Awang Lazuardi, menjelaskan bahwa pencapaian ini tidak datang dengan mudah. Mengingat tantangan yang dihadapi dalam industri hulu migas, terutama di wilayah lapangan mature.

PHE menjalankan tiga strategi utama, yaitu mengelola baseline produksi, meningkatkan produksi melalui rencana kerja dan merger & acquisition, serta meningkatkan cadangan dan sumber daya sambil memprioritaskan aspek Environment, Social, Governance (ESG).

Salah satu strategi utama adalah kemitraan dengan mitra finansial dan teknologi, seperti pengelolaan Wilayah Kerja Offshore Southeast Sumatera (OSES) dan Blok Cepu bersama mitra seperti Exxon Mobil Cepu Ltd. (EMCL) dan Ampolex Pte Ltd.

KONTEN MENARIK UNTUK ANDA

KONTEN PILIHAN UNTUK ANDA