Elnusa Bidik Bojonegoro Menjadi Sasaran Progam Energi Berdikari

Elnusa di Desa Sumengko Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro

KABARCEPU.ID – Kabupaten Bojonegoro menjadi sasaran digulirkannya program pembangunan masyarakat berkelanjutan Desa Energi Berdikari Elnusa Sumengko (DEBELKO), oleh PT Elnusa Tbk.

Program tersebut, merupakan bentuk komitmen untuk merealisasikan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, yang difokuskan pada bidang Ekonomi, Pendidikan, Lingkungan, dan Kesehatan.

Kick off Program DEBELKO secara resmi dilakukan pada 16 Agustus 2023 di Desa Sumengko Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, dalam rangkaian perayaan HUT ke-54 Elnusa.

Target dari Program DEBELKO ini, membangun Desa Sumengko menjadi pusat energi berdikari, yang mampu memberikan manfaat bagi masyarakat.

Prinsipnya pembangunan dari Hulu ke Hilir. Diawali dari jenis tanaman toga yang akan dituai dari lahan yang diolah secara mandiri. Kemudian dilakukan proses mengolah bahan baku menjadi produk yang siap bersaing di pasaran.

Desa Sumengko, sengaja dipilih untuk menggulirkan program ini, karena memenuhi kriteria menjadi desa binaan di ring 01 Warehouse Elnusa Kalitidu.

Program ini didesain untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Diantaranya mencakup upaya mengurangi kemiskinan, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, memberikan pendidikan berkualitas, mendorong kesetaraan gender, menyediakan energi bersih dan terjangkau, menciptakan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta mendorong konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.

Direktur SDM dan Umum PT Elnusa Tbk, Hera Handayani, menyampaikan, DEBELKO memberikan bantuan bagi masyarakat Desa Sumengko dalam meningkatkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). “Serta mengembangkan keterampilan masyarakat dalam rangka menciptakan dampak positif yang berkelanjutan,” ujar Hera.

KONTEN MENARIK UNTUK ANDA

KONTEN PILIHAN UNTUK ANDA