Imbas Gempa 6,0 Magnitudo di Timur Laut Tuban, Sejumlah Bangunan di Gresik dan Tuban Rusak Berat

Imbas Gempa 6,0 Magnitudo di Timur Laut Tuban Sejumlah Bangunan di Gresik dan Tuban Rusak Berat
Masjid Jami' Al Muhajirin, Desa Gunungteguh, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik (dok/CNN Indonesia).

KABARCEPU.ID – Gempa berkekuatan 6,0 magnitudo yang tejadi di Timur Laut Tuban pada Jumat, 22 Maret 2024 sekira pukul 11.22 WIB berdampak pada rusaknya sejumlah bangunan di wilayah Gresik dan Tuban.

Berdasarkan analisis Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa berlokasi pada koordinat 5,79° Lintang Selatan, 112,32° Bujur Timur, atau tepatnya pada jarak 126 Km arah Timur Laut Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 10 km.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, gempa susulan berkekuatan 3,2 magnitudo dan 5,3 magnitudo terjadi sebanyak 8 kali hingga pukul 13.10 WIB.

Pada pukul 15.52 WIB, gempa berkekuatan 6,5 magnitudo kembali mengguncang Timur Laut Tuban, Jawa Timur.

Episenter gempa terletak pada koordinat 5,76° Lintang Selatan, 112,33° Bujur Timur, atau pada jarak 130 Km arah Timur Laut Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 10 Km.

Gempa ini berdampak dan dirasakan di daerah Tuban dengan skala intensitas IV-V MMI, Bawean dengan skala intensitas III-IV MMI, daerah Jepara, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Kudus, Blora, Pekalongan, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang, Semarang, dan Yogyakarta dengan skala intensitas II-III MMI.

Daryomo mengungkapkan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa berkekuatan 6,5 magnitudo tersebut tidak berpotensi tsunami.

“Masyarakat diimbau tetap tenang, tetap beraktivitas seperti biasa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Tetap beraktivitas seperti biasa di pantai dan laut,” ucap Daryomo.

KONTEN MENARIK UNTUK ANDA

KONTEN PILIHAN UNTUK ANDA