Gempa Magnitudo 6,5 Kembali Guncang Laut Tuban Jawa Timur, Terasa Hingga Jakarta

Gempa Magnitudo 6,5 Kembali Guncang Laut Tuban Jawa Timur Terasa Hingga Jakarta

KABARCEPU.ID – Gempa berkekuatan magnitudo 6,5 kembali mengguncang Tuban, Jawa Timur pada Jumat 22 Maret 2024 pukul 15.52.58 WIB.

Hasil analisis Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 6,5.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5,76° LS ; 112,33° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 130 Km arah Timur Laut Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 10 Km.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa dan Tsunami BMKG Daryono menyebutkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di laut Jawa.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip),” terangnya.

Gempa ini berdampak dan dirasakan di daerah Tuban dengan skala intensitas IV-V MMI, Bawean dengan skala intensitas III-IV MMI, daerah Jepara, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Kudus, Blora, Pekalongan, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang, Semarang, dan Yogyakarta dengan skala intensitas II-III MMI.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Sebelumnya, gempa Magnitudo 6 dengan pemutakhiran M5,9 mengguncang wilayah Tuban Jawa Timur, Jumat (22/3/2024), pukul 11.22.45 WIB.

BMKG menyebutkan, gempa berlokasi pada koordinat 5,79° LS ; 112,32° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 126 Km arah TimurLaut Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 10 km.

KONTEN MENARIK UNTUK ANDA

KONTEN PILIHAN UNTUK ANDA