PEPC Perkuat Ekonomi Produktif Kader Posyandu: Menopang Kemandirian dan Pekerjaan Layak

PEPC Perkuat Ekonomi Produktif Kader Posyandu Menopang Kemandirian dan Pekerjaan Layak

KABARCEPU.ID – PT Pertamina EP Cepu (PEPC), Zona 12, Subholding Upstream Pertamina, telah melakukan langkah penting untuk memperkuat kegiatan ekonomi produktif para kader Posyandu di wilayah operasionalnya.

Inisiatif ini sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mendukung pemerintah menciptakan masyarakat mandiri berdikari, sambil turut berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Kegiatan ini berfokus pada peningkatan kapasitas kelompok menghadapi era disrupsi dengan menyelenggarakan pelatihan produksi olahan makanan sehat dan pemasaran yang disebut “Pos Gizi Mandiri”. Pelatihan tersebut diadakan di Desa Dolokgede, Tambakrejo, Bojonegoro, Jawa Timur pada Selasa, 1 Agustus 2023.

Program “Pos Gizi Mandiri” merupakan bagian dari upaya Program Posyandu Tangguh Mandiri yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat rentan.

Program ini berhasil memberikan dampak positif dengan meningkatkan status 15 Posyandu, memperkuat kapasitas 76 kader Posyandu, menciptakan 15 unit usaha ekonomi produktif berbasis kader Posyandu, serta memberikan pendampingan pertumbuhan dan perkembangan bagi lebih dari 650 balita.

Para kader Posyandu yang berpartisipasi dalam kegiatan ini berhasil menghasilkan beragam produk ekonomi produktif, seperti olahan kue kering, aneka olahan daun bayam, keripik pisang, ketela, singkong, dan olahan hasil pertanian lainnya.

Sr. Manager Relations PEPC Regional Indonesia Timur, Fitri Erika, menjelaskan bahwa pelatihan literasi digital bertujuan untuk memberdayakan para ibu-ibu agar mampu melakukan aktivitas ekonomi di pasar digital.

KONTEN MENARIK UNTUK ANDA

KONTEN PILIHAN UNTUK ANDA