7 Jenis Kopi dan Kasiatnya, Menelusuri Keberagaman Aroma dan Manfaat Kesehatan

biji-kopi-sangrai-pexels

KABARCEPU.IDKopi, minuman yang telah merajai dunia selama berabad-abad, bukan hanya sekadar minuman penyemangat di pagi hari. Ia adalah seni rasa yang kompleks, memancarkan keberagaman aroma dan rasa yang tak terhitung jumlahnya.

Namun, selain kenikmatannya, kopi juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Yuk! kita telusuri berbagai jenis kopi yang ada di duniadan menggali khasiat kesehatan yang tersembunyi di dalam setiap cangkir.

1. Arabika

Arabika adalah salah satu varietas kopi yang paling dihargai di dunia. Khasiatnya tidak hanya terletak pada rasa halusnya, tetapi juga pada kandungan asam klorogenik yang tinggi.

Asam ini memiliki sifat antioksidan yang kuat, membantu melawan radikal bebas dalam tubuh manusia dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Robusta

Robusta dikenal dengan rasa yang lebih kuat dan kandungan kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan Arabika.

Meskipun rasa Robusta terkadang dianggap lebih pahit, kopi ini mengandung senyawa klorogenat yang juga mempunyai sifat antioksidan.

Selain itu, kandungan kafein yang tinggi dapat meningkatkan energi dan membantu meningkatkan konsentrasi.

3. Liberika

Liberika adalah varietas kopi yang banyak ditemui di Afrika. Meskipun belum sepopuler Arabika atau Robusta, Liberika memiliki rasa yang unik dan berbeda, seringkali lebih berani dan beraroma.

Kandungan antioksidannya membantu melawan penuaan dini dan meningkatkan kesehatan kulit.

4. Kopi Luwak

Kopi Luwak dikenal sebagai salah satu kopi termahal di dunia. Proses produksinya yang melibatkan pencernaan hewan luwak memberi biji kopi rasa yang unik.

KONTEN MENARIK UNTUK ANDA

KONTEN PILIHAN UNTUK ANDA