PDAM Blora Punya Si Tampan yang Bakal Layani Keluhan setiap Pelanggan  

KABARCEPU.ID – Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-33, Perumda Air Minum atau PDAM Tirta Amerta Kabupaten Blora meluncurkan layanan online.

Layanan online yang diluncurkan PDAM Kabupaten Blora adalah Si Tampan, atau Sistem Informasi Pendaftaran Air Minum dan Pengaduan.

Diluncurkan pada Kamis, 1 Februari 2024 oleh Bupati Blora, Arief Rohman, di di area Gudang Banyu Jiken, Kecamatan Jiken.

Direktur PDAM Blora, Yan Riya Pramono, menyampaikan beberapa kelebihan Si Tampan. Terkait pendaftaran, calon pelanggan dapat mengajukan permohonan pasang SR baru secara online melalui sistem yang terintegrasi dengan sistem terbaru (web app).

“Jadi calon pelanggan tidak perlu repot-repot datang ke kantor PDAM untuk mengajukan permohonan pendaftaran sambil membawa foto copy KTP dan KK,” terang Yan Riya.

Pendaftaran online tersebut juga dilengkapi status tahapan proses, sehingga calon pelanggan dapat memantau proses permohonan mereka (verifikasi, terbayar, terpasang).

Mengenai pengaduan, Yan Riya Pramono menjelaskan bahwa dengan Si Tampan, pelanggan maupun non-pelanggan kini dapat menyampaikan keluhan melalui sistem tersebut dan memantau status prosesnya.

Layanan online ini juga memungkinkan pelanggan yang sudah terdaftar untuk melihat riwayat tagihan, baik yang sudah terbayar maupun belum.

“Satu lagi, untuk pembayaran pasang baru sudah bisa online di PPOB (Payment Point Online Banking), yaitu suatu mekanisme tagihan pembayaran yang bekerja sama dengan perbankan yang terkoneksi secara online real time,” jelas Yan Riya.

Saat meluncurkan layanan tersebut, Bupati Blora Arief berharap PDAM Blora dapat semakin prima dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan di usianya yang ke-33 ini.

Di usia yang semakin dewasa ini, kata Arief Rohman, Perumda Air Minum Tirta Amerta terus dituntut untuk meningkatkan profesionalitas kinerja.

Salah satu yang harus diperhatikan, lanjut dia, adalah tidak adanya kebocoran air, kualitas dan kuantitas yang harus terus ditingkatkan.

“PDAM harus semakin berkembang serta semakin mengokohkan diri sebagai perusahaan daerah yang mandiri dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat,” ujar Bupati Blora.

Bupati mengungkapkan bahwa kinerja PDAM Blora semakin baik selama satu tahun terakhir. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya komplain yang sering terjadi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun ini tidak banyak komplain. Biasanya sering banyak komplain dan akhirnya saya teruskan ke direktur. Saya lihat medsosnya juga bagus, pelayanannya bisa semakin bagus, semoga bisa terus ditingkatkan,” harap Bupati.

Menuju PDAM Blora yang Lebih Profesional

Bupati Arief menuturkan bahwa untuk menuju PDAM yang lebih profesional, diperlukan komitmen yang kuat dari seluruh elemen Perumda Air Minum Tirta Amerta.

“Alhamdulillah kita dapat Inpres soal air dari bapak Presiden. Kemarin juga saya sampaikan Menteri PUPR, soal rencana pengembangan ke depan di wilayah Barat dari Randugunting dan dari wilayah Selatan bisa dari Karangnongko jika nanti sudah jadi,” tuturnya.

Bupati berharap PDAM Blora dapat mengembangkan jumlah pelanggannya menjadi kurang lebih 35 ribu tahun ini, dari yang saat ini berjumlah 25 ribu.

“Ini kan sudah ada 5.000 gratis tinggal nambah sisanya, dan ini doa dari para senior semoga nanti bisa tercapai. Tinggal nanti inovasi dan pelayanan terbaik, kualitas air tentunya semua nanti seusai harapan,” tambah Mas Arief.

Bupati menambahkan bahwa dengan inovasi dan langkah-langkah yang baik, target penambahan pelanggan diharapkan dapat tercapai sesuai target. Hal ini akan meningkatkan kesejahteraan karyawan dan menyumbang PAD untuk daerah.

“Termasuk inovasi SPAM ini nantinya dari PDAM, PU, Desa bisa saling berkolaborasi untuk memberikan pelayanan air baik di perkotaan maupun di pedesaan,” imbuhnya.

Bupati Arief menegaskan bahwa untuk menjadikan PDAM Blora besar, tidak cukup dipikul oleh Dirut dan jajaran direksi, tetapi harus dipikul bersama-sama seluruh keluarga besar PDAM.

Menanggapi harapan tersebut, Direktur PDAM Blora menyatakan bahwa di usia ke-33 ini, PDAM Blora menghadapi banyak tantangan, yang menandakan naik tingkat.

“Kami juga terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan,” ujar Bupati Blora. ***

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button