Blora  

Berusia Ratusan Ribu Tahun! Fosil Gading Gajah Purba Ditemukan Warga Blora di Sungai Bengawan Solo

Berusia Ratusan Ribu Tahun Fosil Gading Gajah Purba Ditemukan Warga Blora di Sungai Bengawan Solo

“Kami mengapresiasi pada warga (Trio) yang telah melaporkan adanya penemuan fosil gading gajah purba di desa Ngloram ini,” imbuhnya.

Menurut Widyarini bersama tim arkeologi Kabupaten Blora, fosil gading gajah purba tersebut diperkirakan sudah berusia ratusan ribu tahun.

Hal ini didasarkan pada kondisi dan tekstur gading yang sudah mengeras serta tidak lagi memiliki pigmen warna putih.

Diperkirakan bahwa gading tersebut berasal dari gajah purba yang hidup di zaman Pleistosen, sebuah periode geologis yang sangat tua.

Fosil Gading Gajah Purba Ditemukan Warga Cepu Kabupaten Blora di Sungai Bengawan Solo
Fosil Gading Gajah Purba ditemukan warga Cepu Kabupaten Blora di Sungai Bengawan Solo.

Penemuan ini tentu saja menjadi sorotan utama dalam dunia arkeologi di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Selain menjadi bukti keberadaan gajah purba di Nusantara, fosil gading ini juga dapat memberikan informasi yang berharga mengenai kehidupan dan lingkungan saat itu.

Para ahli arkeologi berharap dapat melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengungkap lebih banyak misteri yang terkait dengan fosil gading ini.

Sungai Bengawan Solo, sebagai salah satu sungai terpanjang di Pulau Jawa, memegang peranan yang sangat penting dalam ekosistem serta sejarah alam di Indonesia.

Dengan adanya penemuan fosil gading gajah purba di Sungai Bengawan Solo ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pelestarian lingkungan di Indonesia.***

KONTEN MENARIK UNTUK ANDA

KONTEN PILIHAN UNTUK ANDA