Blora, Cepu  

Bukan KALENG-KALENG! Puluhan BARONGAN Kota Cepu Kumpul Jadi Satu, ADA APA?

Barongan Kota Cepu
Seniman Barongan yang tergabung dalam Paguyuban Sedulur Barong Cepu (Foto/Lolo).

KABARCEPU.ID – Kota Cepu, selain kaya akan kuliner dan berbagai tempat wisata alternatif, juga banyak kesenian kearifan lokal yang masih dipertahankan hingga kini.

Salah satunya adalah Seni Barong atau kesenian Barongan asli dari wilayah Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah dan sekitarnya.

Seni Barong atau Barongan, merupakan kesenian khas Jawa Tengah, khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Blora dan wilayah seputaran Kota Cepu.

Di Kabupaten Blora, Seni Barong menjadi salah satu kesenian rakyat yang amat populer dikalangan masyarakat perkotaan maupun pedesaan, dalam festival maupun pentas tunggal serta hajatan yakni pada acara pernikahan, sunatan hingga ulang tahun.

Dalam atraksi atau pertunjukan Seni Barong tercermin sifat-sifat kerakyatan masyarakat Blora, seperti spontanitas, kekeluargaan, kesederhanaan, kekompakan, dan keberanian yang dilandasi kebenaran.

Untuk itu, guna mewadahi kreatifitas dan mempertahankan seni kearifan lokal budaya, Paguyuban Sedulur Barong Cepu menggelar temu kangen atau halal bihalal bagi para seniman tersebut.

paguyuban sedulur barong cepu 1
Atraksi para seniman Barongan dari Paguyuban Sedulur Barong Cepu (Foto/Lolo).

Puluhan seniman Barongan dari seluruh Kecamatan Cepu dan sekitarnya yang tergabung dalam paguyuban tersebut, berkumpul di taman Tukbuntung pada Senin, 1 Mei 2023.

Selain temu kangen atau halal bihalal, puluhan seniman Barongan itu juga unjuk kemampuan memainkan Seni Barong di hadapan ribuan masyarakat Kota Cepu yang dimulai sekira pukul 15:00 hingga 17:00 WIB.

KONTEN MENARIK UNTUK ANDA

KONTEN PILIHAN UNTUK ANDA