Blora  

5 Fakta Unik Kabupaten Blora Jawa Tengah

barongan Blora
foto: blorakab.go.id

KABARCEPU.IDBlora merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di bagian timur laut.

Kabupaten Blora berbatasan dengan Kabupaten Ngawi dan Bojonegoro di Jawa Timur, Kabupaten Rembang dan Pati di Jawa Tengah, serta Kabupaten Tuban di Jawa Timur.

Blora memiliki luas wilayah administratif seluas 1820,59 km² , dengan jumlah penduduk sekitar 888.224 jiwa di 2022.

Meskipun tidak sepopuler kabupaten lain di Jawa Tengah, Blora memiliki beberapa fakta unik yang menarik untuk diketahui.

Berikut adalah 5 fakta unik Kabupaten Blora Jawa Tengah:

1. Separuh wilayahnya adalah hutan

Blora merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki wilayah seluas 1820,59 km² (182058,797 ha) yang sebagian besar berupa hutan. Luas hutan di Blora mencapai 49,66 % terdiri dari hutan negara dan hutan rakyat, dari total luas wilayahnya. Hutan tersebut terdiri dari berbagai jenis pohon, termasuk hutan jati yang menjadi komoditas utama Blora.

2. Penghasil kayu jati terbesar di Jawa Tengah

Blora dikenal sebagai penghasil kayu jati terbesar di Jawa Tengah. Luas hutan jati di Blora mencapai sekitar Luas hutan jati di Kabupaten Blora cukup dominan, yaitu 90.416, 52 ha. Kayu jati dari Blora memiliki kualitas yang baik dan sering diekspor ke luar negeri.

3. Penghasil minyak

Blora juga merupakan salah satu penghasil minyak di Indonesia. Terdapat minyak yang dikelola oleh Pertamina EP. Sebagai wilayah Blora juga masuk kedalam Blok Cepu , merupakan salah satu blok minyak terbesar di Indonesia. Blok Cepu dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) dan Exxon Mobil Cepu Limited.

KONTEN MENARIK UNTUK ANDA

KONTEN PILIHAN UNTUK ANDA