Cepu  

Ponpes Al-Ittihad Cepu Jadi Pelopor Perkenalkan AI pada Santri

Ponpes Al-Ittihad Cepu Jadi Pelopor Perkenalkan AI pada Santri

KABARCEPU.ID – Pondok Pesantren Modern Al-Ittihad, yang berlokasi di Kelurahan Tambakromo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, mencatat sejarah baru sebagai pesantren pertama di Indonesia yang memperkenalkan teknologi Artificial Intelligence (AI) kepada para santrinya.

Pada 20 Oktober 2024, pesantren ini secara resmi membuka Kelas Kreator Cerdas AI di aula lantai 2.

“Alhamdulillah, semua berjalan lancar. Santri sangat senang bisa memasuki peradaban baru di dunia teknologi,” ungkap panitia pelaksana, Ikhsan Fauzan Ma’ruf.

Kepada KabarCepu.id, Fauzan menegaskan pentingnya santri mengikuti perkembangan teknologi.

Menurutnya, dengan menguasai AI, para santri dapat berkarya lebih inovatif dan kreatif.

“AI tidak hanya alat, tetapi juga jembatan bagi santri untuk mengeksplorasi potensi kreatif mereka dan berkontribusi di dunia digital,” ujar pria enerjik ini.

Menghadirkan pemateri Sekretaris Forum Kreator Era AI (FKEAI) Provinsi Jawa Tengah, Gunawan Trihantoro, pelatihan ini memberikan pandangan mendalam tentang perkembangan teknologi dan penerapannya.

Para santri tampak sangat antusias menerima materi ini, yang memberi mereka wawasan baru dalam mengembangkan kemampuan di era digital.

Inisiatif ini menjadi bagian dari upaya Pondok Pesantren Al-Ittihad dalam mempersiapkan santri untuk bersaing dan beradaptasi dengan pesatnya revolusi teknologi, sekaligus mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan kemajuan zaman.

“Di era sekarang ini, santri tetap harus mengikuti perkembangan teknologi. Meskipun bermukim di pondok, tetapi wawasan harus tetap luas. Sehingga bisa mengikuti perkembangan era digital,” pesan Gunawan pada santri.

KONTEN MENARIK UNTUK ANDA

KONTEN PILIHAN UNTUK ANDA