Blora  

BPS Dampingi Desa di Blora Tingkatkan Kualitas Data dan Website

BPS Dampingi Desa di Blora Tingkatkan Kualitas Data dan Website

KABARCEPU.ID – Badan Pusat Statistik (BPS) akan memberikan pendampingan kepada desa-desa di Blora untuk meningkatkan kualitas data dan pembaruan informasi di situs web mereka.

BPS berkomitmen untuk memberikan pembinaan statistik sesuai dengan undang-undang melalui petugas langsung maupun daring.

Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Endang Tri Wahyuningsih menyampaikan, program ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian SDM desa terhadap pentingnya basis data yang akurat.

“Langkah ini bukanlah proses instan, tetapi membutuhkan tahapan yang berkesinambungan,” ungkapnya usai pelucuran Inovasi Literasi Statistik dan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik), Jumat 9 Agustus 2024 di Aula Pertemuan Setda Blora.

Pada kesempatan itu, dirinya mengapresiasi koordinasi ini dan menekankan pentingnya literasi data di tingkat desa. “Kami menginginkan kualitas data tetap terjaga agar program pemerintah di Blora menjadi tepat sasaran,” ujarnya.

Dirinya juga menyoroti masalah kesesuaian data yang masih menjadi tantangan di lapangan, yang berpengaruh pada penyaluran bantuan. “Kesadaran responden, kualitas petugas, dan sistem yang dibangun semuanya mempengaruhi kualitas data yang dihasilkan,” tambahnya.

Untuk diketahui, dalam upaya memperkuat kualitas data desa, Pemerintah Kabupaten Blora bekolaborasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS). Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa data yang dihasilkan desa-desa di Blora akurat.

Pemerintah Kabupaten Blora mengusulkan pembentukan agen statistik desa kepada BPS. Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, berharap desa bisa meningkatkan kualitas data yang disajikan bisa menjadi dasar pengambilan keputusan di tingkat kabupaten.

KONTEN MENARIK UNTUK ANDA

KONTEN PILIHAN UNTUK ANDA