Libatkan 5 Desa 2 Provinsi! Masyarakat Bengawan Blora-Bojonegoro Gelar Festival Candra Benawa Kelas Nasional

Libatkan 5 Desa 2 Provinsi Masyarakat Bengawan Blora-Bojonegoro Gelar Festival Candra Benawa Kelas Nasional

KABARCEPU.ID – Masyarakat Bengawan Blora-Bojonegoro dikenal sangat menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya dan tradisi yang telah diwariskan turun-temurun.

Wilayah yang kaya akan keberagaman budaya dan tradisi seperti kesenian dan upacara adat, masih terpelihara dengan baik oleh Masyarakat Bengawan Blora-Bojonegoro.

Salah satu ekspresi dalam menjaga kekayaan budaya dan tradisi ini dibuktikan oleh Masyarakat Bengawan Blora-Bojonegoro dengan menggelar Festival Candra Benawa.

Festival Candra Benawa ini digelar Masyarakat Bengawan Blora-Bojonegoro sebagai wujud syukur atas limpahan anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

Acara ini melibatkan 5 desa dari 2 kabupaten di 2 provinsi yakni Kabupaten Blora Jawa Tengah dan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Bengawan Solo.

Dihelat pada tanggal 5 hingga 6 Juli 2024 di sungai Bengawan pembatas antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, Masyarakat Bengawan Blora-Bojonegoro secara sukarela berkumpul untuk merayakan kekayaan alam dan warisan budaya yang mereka miliki.

Acara ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik, mulai dari parade budaya, pertunjukan seni tradisional, pameran kerajinan lokal, hingga kuliner khas Masyarakat Bengawan Blora-Bojonegoro.

Salah satu highlight utama Festival Candra Benawa ini adalah Nyadran Akbar yang melibatkan 5 desa, 2 kabupaten, dan 2 provinsi. Artinya, secara geografis, acara ini sudah berkelas Nasional.

Tak kalah menarik, Festival Candra Benawa juga diramaikan dengan pertunjukan seni tradisional yang memesona seperti Seni Sandur Bojonegoro, Seni Jedor Bengawan, Seni Kentrung Bengawan, dan Seni Barongan Blora dan menjadi sajian utama yang memukau penonton.

KONTEN MENARIK UNTUK ANDA

KONTEN PILIHAN UNTUK ANDA